Sunday, October 27, 2013

HADIST ARBAIN 2 part 2

Ingatlah “Seberapapun ibadah kita tidak akan cukup untuk membawa kita masuk surge. Kita bisa masuk surge karena kasih saying Allah SWT”
1.        Ihsan dalam hal muamalah
Muamalah adalah interaksi antara sesame makhluk Allah.
Dalam surat An Nisa ayat 36yang artinya “ Sembahlah Alah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil, dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri.

Indicator yang paling utama pada ihsan dalam hal muamalah adalah kepada kedua orang tua. Ihsan kepada orang tua disejajarkan dengan ihsan kepada Allah. Jika ada masalah keihsanan kita kepada orang tua bisa mencederai ibadah kita.

Kita tidak boleh mengingatkan orang lain jika sebagai akibatnya menyebabkan orang itu mencela kedua orang tua kita à kita dosa.

2.      Ihsan dalam hal akhlak
Akhlak adalah wujud dari ihsan dalam hal ibadah.

à   Ibadah mewujudkan ihsan dalam hal muamalah dan akhlak. Jika akhlak bermasalah, cek sampai ke ibadah, mungkin caranya salah.

No comments:

Post a Comment