Friday, October 19, 2012

Bulan Zulhijah


Bulan Zulhijah Trus Bilang Wow Gitu?

“Jika kamu bersyukur maka Allah akan menambah nikmatmu, namun jika kau ingkar maka azab Allah sangatlah pedih”  ~demikian arti QS Ibrahim ayat 7
Namun, jika kita hanya bersyukur dengan lisan tidaklah cukup, bahkan ada yang berpendapat perbuatan itu seperti syetan. Kenapa?? Karena syetan mengatakan beriman kepada Allah tapi tidak mau beribadah kepada Allah. Jadi, kalau manusia cuma bilang beriman dan tidak merealisasikannya dengan perbuatan jadinya seperti syetan, apalagi kalau perbuatannya justru melenceng dari keimanan kepada Allah.

Bulan Zulhijah merupakan salah satu bulan yang special diantara 12 bulan. Diantara 12 bulan itu bisa dibagi ke dalam grade tertentu. Grade pertama yang paling baik adalah bulan Ramadhan kemudian disusul dengan grade kedua yaitu bulan Zulhijah, terutama pada 10 hari pertama.
Dalam QS Al Fajr ayat 1-2, “Demi fajar, dan demi malam yang sepuluh”. Disini Allah bersumpah dengan kata demi yang berarti bahwa waktu ini (waktu fajar) adalah sesuatu yang agung.
Fajar   -      Waktu antara jam 3-5 pagi, dimana kita bisa memperoleh ketenangan
-          Bumi pertama kali mengambil nafasnya
-          Merupakan waktu yang paling baik untuk bermunajat kepada Allah
Dalam suatu hadist disebutkan bahwa, “2 rakaat sebelum shalat subuh lebih baik dari dunia dan seisinya”


10 malam pertama bulan Zulhijah memiliki pahala yang berlipat ganda mendekati bulan Ramadhan.
Sejatinya yang disebut ibadah itu merupakan semua perbuatan yang disukai dan diridhai oleh Allah SWT. Istirahat juga termasuk ibadah apabila itu dilakukan untuk ngecarge energi sebagai persiapan ibadah selanjutnya.

Kuncinya hanya 1 :
“NIATKAN SEMUA PERBUATAN KITA UNTUK IBADAH”

1.       1.  Qiyamul Lail
Tidaklah ada hari yang lebih dicintai Allah SWT untuk beribadah seorang hamba kecuali 10 hari pertama bulan Zulhijah.
Sekali QL di 10 malam pertama bulan Zulhijah pahalanya setara dengan QL yang kita lakukan di malam Lailatul Qadar (HR Tirmidzi)

2.      2.  Shaum
Pemuda yang belum menikah di sunah muakkadkan untuk puasa sunah. Hal itu untuk mengerem aktivitas kotor yang mungkin dilakukan.
Shaum 1 hari nilainya setara dengan 1 tahun shaum.
Maka sebaiknya kita puasa 9hari pertama bulan Zulhijah. Kalo ga ampu puasa ( hari, bisa puasa daud (selang seling). Kalau tidak mampu puasa daud bisa puasa senin kamis.
Shaum arafah -9 Zulhijah- akan menghapus dosa setahun yang lalu dan tahun yang sedang kita jalani.
insyaAllah akan dimudahkan untuk menghindari perbuatan keji dan mungkar.

~to be continued~

No comments:

Post a Comment