Tuesday, December 25, 2012

BELAJAR DARI LEBAH


saya iseng browsing di beberapa tempat, kebetulan menemukan sesuatu yang bisa dijadikan pelajaran, maka saya share disini


BELAJAR DARI LEBAH
Oleh : Sopyan Kareem


Lebah adaah binatang kecil yang terukir indah dalam Al Qur’an. Allah mengabadikan namanya ke dalam salah satu surat dalam Al Qur’an, yakni QS An Nahl. Tentu, ada keistimewaan yang dimiliki hewan ini sehingga namanya termaktub dalam kitab suci nan mulia.

Lebah diciptakan Allah dengan banyak memberi manfaat bagi manusia. Diantara manfaatnya adalah menghasilkan madu. Tak hanya itu, perilaku hewan kecil ini harusnya menjadi cerminan akhlak bagi muslim sejati.
Perhatikanlah kehidupannya ada banyak manfaat yang bisa diambil hikmahnya dari lebah.

Pertama, lebah hanya mengisap saripati bunga saja. Ia mengambil yang inti dan membiarkan yang lain. Lebah tahu, yang menjadi kebutuhannya hanya saripati bukan yang lain. Karena mengambil hak orang lain adalah haram.

Kedua, lebah menghasilkan madu, ia memberi manfaat bagi manusia. Hal ini menjadi pelajaran bagi umat Islam. Madu berasal dari saripati bunga yang baik, maka keluarnya pun baik. Sesuatu yang halal keluarnya halal pula.  Dan ia banyak memberi manfaat bagi orang lain.

Ketiga, lebah tidak merusak. Dimanapun dia hinggap, tidak ada tangkai daun ataupun ranting pohon yang patah. Betapa santunnya hewan kecil ini hingga dalam bergaul dia tidak menyakiti siapapun dan senantiasa menjaga kedamaian dalam setiap suasana. Lebah senantiasa memegang prinsip iffah (ketentraman) dalam pergaulan.

Keempat, lebah mempunyai harga diri. Ia tidak akan pernah mengganggu orang lain selama kehormatan dan harga dirinya dihormati. Namun, bila harga dirinya dizalimi ia akan siap 'menyengat' siapa saja yang mengganggunya. Karena itu, setiap muslim harus mampu menjaga kehormatan dirinya.

Sudah sepatutnya kita belajar ilmu dari lebah. Bukan karena fisik dan pesonanya yang kurang menarik, tapi karena komitmennya dalam bersikap dan berbuat. Manusia memiliki kemuliaan dari makhluk lain. Namun, tingkah laku dan kehormatan manusia bisa lebih hina dari binatang. Allah memberikan pelajaran bagi manusia utuk mengambil hikmah dari lebah. Ia makhluk kecil yang memberikan manfaat sangat besar bagi manusia.

Tentu, tak hanya dari lebah, setiap hamparan yang ada di alam semesta ini diciptakan oleh Allah untuk kebutuhan manusia. Maka, bisakah kita mengambil pelajaran? Mari kita renungkan.


No comments:

Post a Comment